Muhadhoroh adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.

Pidato yang disampaikan di bawakan oleh santriwan/i NAM IBS, dimana Orang yang berpidato, atau disebut dengan orator, biasanya menyampaikan pernyataan tentang suatu hal / peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato ini juga dimaksudkan untuk melatih para santri untuk memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai.

Muhadhoroh yang biasa dilakukan oleh santriwan/santriwati NAM Islamic Borading School , adalah kegiatan rutin setiap minggunya, yaitu malam ahad di mulai sekitar pukul 20.00 – 22.00 wib. Mulai dari santri kelas X,XI, dan XII mereka maju satu persatu untuk mengisi semacam ceramah.

Pidato menggunakan 3 bahasa yaitu bahasa indonesia, arab dan inggris. Santri yang berpidato dibagi kelompok sesuai jadwal yang sudah ditententukan dan santri yang lainnya mendengarkan selayaknya makmum. Dan tidak itu saja, acara pun dikemas seolah sebuah tabliqh seremoni, ada yang berperan sebagai MC atau pembawa acara, adapula yang menjadi Qori’ dan Saritilawah, serta sambutan-sambutan.

By NIZAM

One thought on “MUHADHOROH NAM IBS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *